22 Mar 2011

Atasi Lahar Dingin Bromo Sungai-Sungai di Probolinggo Dikeruk




Gunung Bromo (Foto: Koran SI)
PROBOLINGGO- Hujan yang mengguyur wilayah Probolinggo, Jawa Timur dikhawatirkan akan menimbulkan banjir lahar dingin dari Gunung Bromo. Agar tidak menimbulkan dampak luas, pemerintah setempat mulai mengeruk sejumlah sungai di Probolinggo.

Salah satunya Sungai Pesisir di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Ini dilakukan karena kedalaman sungai tersebut sudah semakin dangkal akibat tumpukan material vulkanik Gunung Bromo.

Setidaknya ada 15 orang dan sejumlah alat berat dikerahkan untuk mengeruknya. Kades Pesisir, Muhamad Lutfi, mengatakan pengerukan dilakukan sepanjang 1.500 meter dengan kedalaman mencapai 2 meter.

Lutfi berharap, pengerukan ini dapat mengantisipasi datangnya lahar dingin susulan yang kerap terjadi saat hujan mengguyur wilayah tersebut.

Selama ini akibat sungai pesisir dangkal, karena dalam sebulan sudah terjadi 4 kali lahar dingin yang merusak puluhan hektare tanaman padi dan jagung. Selain itu, belasan hektare tambak udang dan bandeng ikut rusak.

Warga mengaku tidak bisa membenahi lahan tambak dan pertanian yang rusak, karena sungai dangkal dan sering kali terjadi lahar dingin.
(Hana Purwadi/RCTI/kem)

1 komentar:

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com